Museum Sri Baduga Bandung

Siapa yang tak kenal kota Bandung, Sebuah kota di Jawa Barat yang menyimpan berjuta sejarah, wisata, Kuliner juga ragam budayanya. Kota yang memiliki julukan kota kembang ini, memiliki daya tarik tersendiri dalam memikat para traveller. Bukan hanya dalam hal tempat wisata alamnya saja, bangunan bersejarahnya pun banyak terdapat di kota kembang ini,sebut saja Museum Sri Baduga yang terletak di Jl. BKR No.185 ( Lingkar Selatan ) kota Bandung, Jawa Barat Indonesia .

Pada hakikatnya Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menjaga dan melestarikan sejarah asal usulnya,dan salah satu tempat wisata bersejarah di Bandung yang populer dengan nama Museum Sri Baduga Bandung, adalah bukti kecintaan warga jawa barat keturunan suku sunda khususnya yang mengabadikan sebuah bangunan bergaya suhunan panjang dan panggung khas jawa barat dengan segala benda-benda pusaka sebagai harta tidak ternilai yang ada di dalamnya.

Keberadaan bangunan beserta isinya yang merupakan Peninggalan sejarah dan juga kebudayaan khas jawa barat yang mempunyai nilai sejarah dan pendidikan yang tidak ternilai harganya, dewasa ini dijadikan salah satu tempat wisata sejarah di Bandung yang dapat Anda jadikan destinasi wisata untuk menghabiskan waktu liburan di Bandung bersama keluarga tercinta.Bahkan Museum Sri Baduga ini bisa dikatakan sebagai sebuah tempat wisata bersejarah yang bernilai pendidikan yang sangat bagus untuk pengajaran akan ilmu pengetahuan sejarah Anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah.

Sebagai salah satu Museum yang dipruntukan untuk masyarakat umum, museum Sri Baduga bisa dikatakan memiliki banyak koleksi benda-benda bersejarah seperti berbagai jenis koleksi Geologika, Biologika, Etnografika, Arkeologika, Historika, Numismatika/Heraldika, Filologika, Keramik, Seni Rupa dan Teknologi.Tercatat secara keseluruhan Museum Sri Baduga memiliki tidak kurang dari 5.367 buah koleksi peninggalan bersejarah yang sangat tidak ternilai harganya.

Yang terbanyak dari koleksi museum yang tak jauh lokasinya dengan alun-alun kota Bandung ini adalah koleksi rumpun Etnografika yang berhubungan dengan benda-benda budaya daerah. Jumlah koleksi tersebut tidak terbatas pada bentuk realia (asli), tapi dilengkapi dengan koleksi replika, miniatur, foto, dan maket. Benda-benda koleksi tersebut selain dipamerkan dalam pameran tetap, juga didokumentasikan dengan sistem komputerisasi dan disimpan di gudang penyimpanan koleksi.

Dan berikut adalah fasilitas-fasilitas Museum Sri Baduga yang memiliki 3 lantai :
a. Lantai 1 : merupakan tampilan perkembangan awal dari sejarah alam dan budaya Jawa Barat. Dalam tata pameran ini digambarkan sejarah alam yang melatarbelakangi sejarah Jawa Barat, antara lain dengan menampilkan benda-benda peninggalan buatan tangan dari masa Prasejarah hingga jaman Hindu-Buddha.

b. Lantai 2 : meliputi materi pameran budaya tradisional berupa pola kehidupan masyarakat, mata pencaharian hidup, perdagangan, dan transportasi; pengaruh budaya Islam dan Eropa, sejarah perjuangan bangsa,dan lambang-lambang daerah kabupaten dan kota se-Jawa Barat.

c. Lantai 3 : memamerkan koleksi etnografi berupa ragam bentuk dan fungsi wadah, kesenian, dan keramik asing.

Nah itulah sedikit kupasan artikel tentang salah satu tempat bersejarah yang ada di jawa Barat tepatnya di kota Bandung, jika sahabat travellers ingin tahu lebih dalam tentang tempat bersejarah ini, yuuk kunjungi Museum Sri Baduga ini dihari Libur atau akhir pekan.

 

Sumber : wikepedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *